PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA

Kamarudin Kamarudin,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan rerata kemampuan pemahaman belajar Matematika antara kelas yang diajar dengan model Contextual Teaching & Learning dan kelas yang diajar dengan model Guided Discovery pada kelas V SD Negeri Demakijo 1, Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimental, jenis penelitian eksperimen yang sebenarnya dengan variabel terikat kemampuan pemahaman belajar Matematika dan variabel bebas adalah model pembelajaran Contextual Teaching & Learning dan Guided Discovery. Desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman belajar Matematika secara signifikan antara kelas yang diajar dengan Contextual Teaching & Learning lebih baik dari pada yang diajar dengan Guided Discovery. Kelas yang diajar menggunakan model Contextual Teaching & Learning memiliki rerata lebih tinggi dengan perbedaan rerata sebesar 1,722. Perolehan nilai uji-t sampel bebas sebesar 2,322 dengan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,026.

Kata  kunci:  model  pembelajaran  Contextual  Teaching  &  Learning,  model  pembelajaran  Guided  Discovery, kemampuan pemahaman belajar Matematika

 

Abstract

This research aims at determining significant of mean difference to the ability of Mathematics comprehension between Contextual Teaching & Learning model and Guided Discovery towards the five grade students of SDN Demakijo 1, Sleman. The research used quantitative research as experimental, belongs to True-Experiment approach which ability of Mathematics comprehension as dependent variable along with Contextual Teaching & Learning and Guided Discovery models as independent variable. This research used Pretest-posttest Control Group design. This research used multiple-choice test as instrument. The inference analysis used independent sample t-test with prerequisite test normality and homogeneity. The result shows that there is a significant of mean difference to the ability of Mathematics comprehension between Contextual Teaching & Learning model is better than Guided Discovery model. The result of independent sample t-test is 2.322 with sig. value < 0.05 which is 0.026.

Keyword: Contextual Teaching & Learning model, Guided Discovery model, Mathematics comprehension


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.