PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN SISWA SD N 3 PENGASIH DENGAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Efan Frida Perdana,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran di kelas IV pada SD N 3 Pengasih. Pendekatan yang digunakan adalah Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTanggart. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen tes ini dilakukan pengujian validitas isi dan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilannya adalah 75% dari seluruh siswa berada di atas batas KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar materi pengukuran mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata evaluasi siklus I dari 57,6 menjadi 77,2 pada siklus II. Persentase peningkatan siswa yang tuntas sebesar 63% dari 14,8% menjadi 77,8%.

Kata kunci: matematika, pengukuran, realistic mathematics education.

 

Abstract

This study aimed to improve the results of math learning in fourth grade students of SD Negeri 3 Pengasih. This study used Realistic Mathematics Education approach. This study was a Classroom Action Research with Kemmis and McTanggart design. The research stages consisted of planning, action, observation and reflection. The subject of this research were 27 students. Data were collected by observation and tests. The instruments validity were tested for content validity and expert judgement. The data analysis techniques were qualitative descriptive and quantitative. The success indicator of this research was 75% of the student were above the KKM limit. The results showed that the use of RME can improve the learning outcomes of mathematics lessons. This was done with the average evaluation cycle I from 57.6 to 77.2 in cycle II. The percentage of succesfull student improvement over the KKM was 63% from 14.8% to 77.8%.

Keywords: mathematics, measurement, realistic mathematics education.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.