PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IVA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI SD 3 BANTUL

Nahla Safitri Kumaradewi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVA pada tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” dengan menggunakan media peta . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengacu model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD 3 bantul yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, menggunakan media peta dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVA SD 3 Bantul. Hasil angket pada pra siklus adalah 47,44%, meningkat pada siklus I menjadi 74,38% meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Hasil observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 56,06%, meningkat pada siklus II menjadi 82,40%. Dari data di atas, dapat dikatakan bahwa, dengan menggunakan media peta dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVA pada tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” dengan di SD 3 Bantul.

Kata kunci: keaktifan belajar siswa, media peta.

 

Abstract

This research aims to improve student learning activeness of fourth grade A SD 3 Bantul in topic 8 “Daerah Tempat Tinggalku” by using map media. This research was a classroom action research wich refered to spiral model from Kemmis and Mc. Taggart. The subject of this research was 30 students of  fourth grade students SD 3 Bantul. The data was collected by observation and questionnaire. The technique of the data analysis were quantitative descriptive data analysis and qualitative descriptive data analysis. The result of  this research shows that  using of map media can improve student learning activenes of fourth grade A SD 3 Bantul  in topic 8 “Daerah Tempat Tinggalku”. The student learning activeness questionnaire result in pre cycle was 47,44%, increased at cyce I became 74,38%, increased at  cycle II was 82,14%. The result of  learning activeness observation  in cycle I was 56,06% increased at cycle II became 82,40%. From the data above, it can be concluded that by using map media can improve the student learning activeness of fourth A grade SD 3 Bantul.

Keywords: learning activeness student, map media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.