PENGARUH PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model sains teknologi masyarakat terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas V pada pembelajaran tematik bermuatan IPA di SD N 2 Sumberagung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan skema non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata nilai sikap peduli lingkungan awal dan akhir kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model sains teknologi masyarakat terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Rata-rata nilai pretest angket sikap peduli lingkungan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara berturut-turut adalah 76.67 dan 78.42. Sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol adalah 85.13 dan 77.46. Rata-rata nilai observasi sikap peduli lingkungan ketika pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol secara berturut-turut adalah 94.12 dan 66.67, sedangkan rata-rata nilai posttest observasi sikap peduli lingkungan pada kelompok eksperimen dan kontrol secara berturut-turut adalah adalah 96.08 dan 59.36. Kelompok kontrol mengalami penurunan karena partispasi siswa dalam pembelajaran hanya mencapai 78%.
Kata Kunci : sains teknologi Masyarakat, sikap peduli lingkungan.
Abstract
The purpose of the research was to find out about how the application of science technology, and society learning model affect the fifth grades’ environmental attitudes on thematic contain science learning in SD N 2 Sumberagung. This research was a quasi-experimental research in form of non equivalent control group design. The data was collected through questionnaire and observation. The data analysis was done by comparing the mean of pretest and posttest attitudes of both groups. The results of the research show significant affect of science technology, and society learning model application towards the fifth graders’ environmental attitudes. The average of pretest questionnaire of environmental attitudes in experimental and control group were 76.67 and 78.42, whereas the average of posttest questionnaire of environmental attitudes in experimental and control group were 85.13 and 77.46. The average pretest score of observation of environmental attitudes in experimental and control group were 94.12 and 66.67. Whereas The average posttest score of observation of environmental attitudes in experimental and control group were 96.08 and 59.36. The control group has decreased because of the students' conclusion in learning only reached 78%.
Keywords: science technology and society learning model, environmental attitudes.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.