PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP FPB DAN KPK MELALUI DAKON BILANGAN

Irkaman Ahmad As'ari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep FPB dan KPK melalui media dakon bilangan pada siswa kelas IV SDN Pabelan 3 Mungkid, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar konsep FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN Pabelan 3. Sebelum tindakan presentase ketuntasan siswa (14,81%). Pada siklus I presentase ketuntasan siswa (74,07%). Pada siklus II presentase ketuntasan siswa (81,48%). Peningkatan hasil belajar siswa pada pra tindakan dengan nilai rata-rata 50,37 dan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77,78, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 83,33.

Kata kunci: media dakon bilangan, hasil belajar FPB dan KPK

 

Abstract

This study aims to improve the learning result of Greatest Common Divisor (GCD) and Least Common Multiple (LCM) concepts through the numeric dakonon the fourth grade students of SD N Pabelan 3. This study belongs to Classroom Action Research.The subjects of this study were 27 students. The data collection techniques were test, observation and documentation. The data analysis techniques were  qualitative and quantitative. The result shows that there is an improvement in learning results of  GCD and LCM concept.The percentage of students' completeness in pre test was 14.81%  increase 74.07% in first cycle and 81.48% in second cycle. The increased of students learning result in pre-action with average score 50.37 and 77.78 in the first cycle and then on second cycle increase to 83,33.

Keywords: numeric dakon , learning resultof  GCD and LCM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.