PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IVC SD NEGERI BANTUL TIMUR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) proses pembelajaran, dan (2) keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R siswa kelas IVC SD Negeri Bantul Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVC yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVC SD Negeri Bantul Timur. Siswa lebih aktif, antusias dalam mengikuti pembelajaran. Nilai rerata tes keterampilan membaca pemahaman pada kondisi awal yaitu 58,79. Peningkatan nilai rerata tes keterampilan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 12,01, menjadi 70,80, dan pada siklus II meningkat sebesar 20,35 menjadi 79,14.
Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R, SD
Abstract
This research aims to improve: (1) the learning process, and (2) reading comprehension skills using SQ3R method of grade IVC students at SD Negeri Bantul Timur. This type of research was collaborative classroom action research. The subject was IVC students, consisted of 29 students. The data collection techniques used observation, tests, and documentation. The data analysis techniques used in the research were qualitative and quantitative. The result of the research shows that learning with SQ3R method can improve learning process and reading comprehension skill of 4th gradestudents of SD Negeri Bantul Timur. Students are more active and enthusiastic in learning activity. The mean value in the initial condition is 58.79. The improvement of mean value of reading comprehension skills inthefristcycleis12.01,increasesto70.80,andtheimprovementinthesecondcycleis20.35,increases to79.14.
Keywords: reading comprehension skills, SQ3R method, Elementary School.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.