PENGARUH PENGUATAN POSITIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN BOROBUDUR, MAGELANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan positif dan konsep diri secara parsial maupun simultan terhadap percaya diri siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se- Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang berjumlah 627 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 244 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data penguatan positif, konsep diri, dan percaya diri menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 150 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi item total. Reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan uji regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) penguatan positif berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan 7,33%; 2) konsep diri berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan 40,27%; dan 3) penguatan positif dan konsep diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan 47,6%.
Kata kunci : percaya diri, penguatan positif, konsep diri
Abstract
This study aims at determining the effect of positive reinforcement and self-concept partially or simultaneously to the self-confidence of student. This research used ex post facto quantitative approach. The population in this research is all fourt grade students in Borobudur District, Magelang with the total of 627 students, and 244 students were taken randomly as the sample using Slovin formula.The technique for collecting of positive reinforcement data, self-concept and self-confidence is by using psycologi scale. Research instrument was tested to 150 students. The validity of the test is content validity to search the power of differences, the researcher used item total corelation. The Intrument reliability is alpha cronbach formula. The analysis techniques that had been used are the normality test, the linearity, and multicolinearity. Data analysis used partial effect test and multiple regression analysis technique. The result of the research shown that: 1) the effect of positive reinforcement on students’ self-confidence is 7.33%; 2) the effect of self-concept on students’ self-confidence is 40.27%; and 3) the effect of positive reinforcement and self-concept on students’ self-confidence is 47.60%.
Keywords: self-confidence, reinforcement, self-concept
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.