PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Anang Fathoni,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi Sistem Peredaran Darah kelas V dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD N Gadingan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall yang dikombinasikan dengan pengembangan media Sadiman. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, ahli materi, pengguna, dan uji efektifitas media dengan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan multimedia interaktif menurut: (1) ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,5 (sangat baik), (2) ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,2 (baik). Hasil uji coba lapangan: (1) awal mendapatkan skor rata-rata 4 (baik), (2) utama mendapatkan skor rata-rata 4,13 (baik), (3) operasional mendapatkan skor rata-rata 4,31 (sangat baik). Multimedia interaktif sistem peredaran darah efektif meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 13,85.

Kata kunci: multimedia interaktif, hasil belajar siswa, sistem peredaran darah


Abstract

This research aims at knowing the validation and effectiveness of interactive multimedia in the circulatory system grade V to improving student learning outcomes in SD N Gadingan. This research was research and development that used Borg and Gall’s model and combined with Sadiman’s model of media’s development. The instruments used to collect data was the validation of media expert, content expert, users, and test the effectiveness of media with the evaluation test. The results of this research is the validity of interactive multimedia according to (1) media expert get score an average 4.5 (very good) (2) content expert get score an average 4.2 (good). Field testing get an average score (1) 4 (good) for preliminary, (2) 4.13 (good) for main, (3) 4.31 (very good) for operational. Interactive multimedia circulatory system effectively increase the value of the average student 13.85.

Keywords: interactive multimedia, student learning outcomes, circulatory system

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.