PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MEDIA POP UP PADA SISWA KELAS IV SD N GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Rachmad Fitra Fauzi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD N Gamping dengan menggunakan media pembelajaran PoKeMon (Pop Up Kebudayaan Milik Indonesia). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N Gamping yang berjumlah 17 siswa, dengan 10 siswa laki - laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi, dan tahap refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  skor motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa dengan klasifikasi motivasi belajar skor tinggi hanya 60%. Lalu pada siklus I motivasi belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan meningkat menjadi 73%, sedangkan hasil akhir siklus II motivasi belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan telah mencapai 100%, sehingga pada siklus II motivasi kelas sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak ≥75% jumlah siswa mencapai skor kuesioner dengan klasifikasi tinggi.

Kata kunci: motivasi belajar IPS, media pembelajaran pop up


Abstract

The research aims to improve learning motivation in social studies of 4th grade students throught PoKeMon (Pop Up Kebudayaan Milik Indonesia) media in SD N Gamping. The type of this research was classroom action research (CAR). The subject were 17 students of SD N Gamping grade IV that composed by 10 male and 7 female students. The design of this research was Kemmis and Mc Taggart which consisted of planning, acting, observing, and reflecting. Technique of data collection that use were quesionaire. The data analysis was done by using quantitative descriptive technique. According to the result of the research, the used of pop up media could improve learning motivation in social studies by students grade IV SDN Gamping Sleman Yogyakarta especially in learning of ethnical and cultural diversity in Indonesia. The result of pre-action , shows that students who classified as highly motivated students only 60%. Then, the learning motivation that reach the goal increased to 73% in the first cycle, meanwhile the final result of the second cycle became 100% for the learning motivation that reach the goal. Thus, the learning motivation has been reached the criteria of the research specially ≥75 of the students got questionnaire score with high classification.

Keyword: social studies learning motivation, pop up media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.