PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK BERLIRIK PADA SISWA KELAS V SDN PUCUNG

Luftia Firdausia,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan media musik berlirik siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media musik berlirik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan proses keterampilan menulis puisi. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa juga ditandai
dengan meningkatnya hasil nilai keterampilan menulis puisi. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa 67 pada saat pratindakan, nilai sebesar 78 pada siklus I, dan nilai sebesar 86 diperoleh pada siklus II. Siswa yang telah mendapat nilai sebesar 70 ke atas pada pratindakan sebanyak 8 siswa (24,2%), siklus I sebanyak 26
siswa (78,8%), dan siklus II sebanyak 31 siswa (92,3%).

Kata kunci: keterampilan menulis puisi, media musik berlirik.

Abstract

This research is aimed to improve writing poems ability by using lyriced music media in the fifth grade students. This research used collaborative classroom action research.The research design used Kemmis and Taggart methods.The technique of collecting data in this research were tes and observation.The technique of analyzing data used quantitative and qualitative descriptive. The results of study show that by using lyriced music media, we could improve the process of student writing poems. The improvement of writing short poems was also indicated by the improvement of student’s achievement in writing poems. An average value of the results 67 before the action, 78 in Cycle I, and 86 in Cycle II. Student who score above 70 total 8 (24,2%) before the action, 26 (78,8%) in Cycle I, and 31 (92,3%) in Cycle II.

Key words: improving writing poems ability, lyriced music media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.