PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 2 SANGGRAHAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN 2 Sanggrahan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IV yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah guru menggunakan alat peraga kartu bilangan dalam mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Pada siklus I persentase ketuntasan prestasi belajar yaitu 62,5%, sedangkan siswa yang belum tuntas 37,5%. Pada siklus II
ketuntasan siswa meningkat menjadi 92,5% dan siswa yang belum tuntas 7,5%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 51,3% pada siklus II meningkat menjadi 87, 44%.
Kata kunci : prestasi belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, kartu bilangan.
Abstract
This research was aimed at improving the mathematic learning achievement focusing on the materials of addition and subtraction of integers of IV graders in SDN 2 Sanggrahan, Kranggan District,Temanggung regency. The kind of this research was an Classroom Action Research (CAR) that was conducted collaboratively between the researcher and the teacher of the class. The subject of this research was the students of grade IV in SDN 2 Sanggrahan that consist of 22 female students and 18 male students. This research used Kemmis and Mc Taggart’s version. It was done in two cycles. The methods of data collection used were test and observation. The collected data then analyzed both qualitatively and quantitatively. The result of the research showed that there was an improvement in the students’ Mathematic learning achievement after the teacher used visual aid numeral card for teaching
the materials of addition and subtraction of integers. In cycle 1, 62,5% of the students passed the standard achievement, while the other 37,5% had not yet passed it. In cycle 2, the percentage of the students passing the standard achievement improved to be 92,5% and the percentage of those having not
yet passed it was 7,5%. The same case happened to the observation result of the students’ activity. In Cycle 1, it was 51,3% and in cycle 2, it became 87,44%.
Keywords: learning achievement, addition and subtraction of integers, numeral card
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.