PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGJATI

Sabar Priyono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangjati. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangjati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Karangjati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen tes dan lembar
observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Karangjati. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t yaitu nilai t sebesar 2,665 dan sig 0,010. Nilai sig menyatakan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post test antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Kata kunci: pembelajaran kontekstual, hasil belajar IPA.

Abstract

This research was aimed at finding out the effect of contextual learning application towards science learning’s outcomes of grade IV students at SDN Karangjati Government. This research was a Quasi Experiment research and used Nonequivalent control group design as the research’s design. The variables of this research that was contextual learning approach, and science learning’s outcomes of grade IV students at SDN Karangjati. The population of this research was all of the students of grade IV at SDN Karangjati. The data collecting technique used test instrument and observation sheet. This research used t-test as the data analytic technique. This research’s outcome shows that there is a significant effect in contextual learning application towards science learning’s outcomes of grade IV students at Karangjati Government Elementary School. It can be proven by the test-t calculation result that shows t score at 2,665 and sig 0,010. The sig score is lesser than 0,05, so it can be concluded that there is a significant difference between the post test’s results of control group and experiment group.

Keywords: contextual learning, science learning’s outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.