PENGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD N 3 SOMOPURO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik melalui metode role playing pada siswa kelas IV SD N 3 Somopuro.Jogonalan, Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa dan objeknya adalah pembelajaran tematik kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode role playing pada pembelajaran tematik, terdapat peningkatan karakter tanggung jawab pada diri siswa. Peningkatan karakter tanggung jawab ini dapat dilihat dari hasil angket. Berdasarkan angket pada siklus 1 setelah menggungakan metode role playing, nilai rata-rata siswa yang semula 74,93 meningkat menjadi 77,8 dengan kriteria baik. Pada siklus 2, dengan adanya perbaikan pada siklus 1, diperoleh nilai rata-rata 83,9 dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci : karakter tanggung jawab, role playing.
Abstract
This research aims to improve student responsibility character through role playing method in thematic lesson at 4th grade 3 Somopuro, Jogonalan, Klaten elementary school. This classroom action research used Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of this research were 4th grade students and the object is thematic lesson in 2013 curriculum. The data were collected by observation, questionnaire, and documentation. The data of this research were analized by qualitative description and quantitative description. The improvement of research shows that thematic lesson through role playing method can increase student responsibility character. The improvement was seen from the result of questionnaire. Based on the questionnaire of cycle 1 after using the role playing method in thematic lesson, the average score increased from 74,93% to 77,8% with good criteria. In cycle 2, with the improvement by cycle 1, the everage score was 83,9% with very good criteria.
Keyword : responsibility character, role playing.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.