PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP SISWA KELAS V SD NEGERI KREMBANGAN

Asih Kurniawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui diskusi tipe syndicate group siswa kelas V SD Negeri Krembangan Panjatan Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/ 2016 dan meningkatkan keterampilan berbicara melalui diskusi tipe syndicate group. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas V dan objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada proses pembelajaran berbicara dengan langkah-langkah yaitu: mengemukakan masalah, membagi
kelompok syndicate group, melakukan diskusi, setiap kelompok melaporkan hasil diskusi, dan menyimpulkan hasil diskusi. Peningkatan tersebut terlihat dari siswa dapat bekerja sama melakukan diskusi, bertanggung jawab memberikan gagasan, dan berpartisipasi dalam menyimpulkan hasil diskusi. Peningkatan keterampilan berbicara siswa rata-rata dari kondisi awal 59.70% dengan kategori kurang,
siklus I nilai 61.46% termasuk kategori cukup, dan siklus II 71,54% termasuk kategori baik.

Kata kunci: keterampilan berbicara, metode diskusi tipe syndicate group, siswa SD.

Abstract

This study aims to improve the learning process through discussion-type syndicate group of fifth grade students of SD Negeri Krembangan Panjatan Kulon Progo Academic Year 2015/2016 and improved speaking skills through discussion-type syndicate group. This studied using a Classroom Action Research (CAR). The subjects were fifth grade and the object research was the speaking skills. Collecting data in this studied using observational methode. The results showed that there was an increase in speaking learning of process with steps were: raised the issue, divides the students into syndicate group, group discussions, each group reported the results of the discussion, and conclude the discussion. The improvement of student speaking skills increase from baseline on average 59.70% with less category. In the first cycle the average value obtained by the 61.46% are sufficient. Meanwhile, the second cycle of the average value obtained by the 71.54% categorized as good

Keywords: speaking skills, the type of syndicate group discussion method, elementary students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.