PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV DI SD PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

Mega Silvira Paut,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV di SD Negeri Pujokusuman 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas IV SD Negeri Pujokusuman 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas yang dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sudah menerapkan pendekatan saintifik secara maksimal mulai dari
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah kegiatan dalam penerapan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan sudah dilaksanakan oleh guru. Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
menunjukan bahwa siswa sudah terlibat secara aktif, antusias, dan termotivasi. Beberapa kendala yang ditemukan oleh guru selama proses pembelajaran dapat diatasi.

Kata kunci: pendekatan saintifik, pembelajaran, siswa kelas IV SD Negeri Pujokusuman 1

Abstract

This study aims to describe the application of the scientific approach for Grade IV students of SD Negeri Pujokusuman 1. It employed the qualitative approach and was a descriptive study. The research subjects were teachers and students of Grade IV of SD Negeri Pujokusuman 1. The data were collected through observations, interviews, and document analysis. They were analyzed by means of the analysis model by Miles and Huberman, consisting of data collection, data reduction, data display, and verification. The data trustworthiness was enhanced through credibility using technique and source triangulations. The results of the study show that the teachers are ready to apply the scientific approach maximally from the planning, implementation, and evaluation in the learning process. The activity steps in the scientific approach, consisting of observing, questioning, experimenting, associating, and communicating, have been carried out by the teachers. The students’ activities in the learning process show that they are actively involved, enthusiastic, and motivated. Several constraints that the teachers encounter in the learning process can be overcome.

Keywords: scientific approach, learning, Grade IV students of SD Negeri Pujokusuman 1


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.