NILAI KEDISIPLINAN DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SISWA KELAS V (Studi Kasus di SD N Siyono III)

Dian Febriatmaka,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan kepramukaan, proses kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkembangkan sikap disiplin siswa dan menemukan faktor penghambat dan pendukung pendidikan kepramukaan siswa kelas V SD Negeri Siyono III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data collection, data display, data reduction dan drawing/verification. Perencanaan kegiatan kepramukaan belum memiliki administrasi yang lengkap. Evaluasi masih sebatas
mengukur kemampuan kognitif siswa. Proses menumbuhkembangkan disiplin dilakukan dalam latihan rutin mingguan, PERSAMI, upacara dan PBB. Pelaksanaan pendidikan kepramukaan berpedoman pada PDMPK. Faktor pendukung pendidikan kepramukaan yaitu sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang kondusif, dukungan dari sekolah dan orang tua. Faktor penghambat kegiatan kepramukaan yaitu kurangnya pembina dan cuaca.

Kata kunci : kedisiplinan, pendidikan kepramukaan

Abstract

This research aims to describe the implementation of scouting education, process scouting in developing discipline of students and find factors that hampers and support scouting education of student class 5th SD Negeri Siyono III. The research is qualitative with the case study menthods. Data collection
technique used observation, interviews and documentation. Data analysis technique used model Miles and Huberman namely data collection, data display, data reduction and drawing/verification. The planning of scouting activities do not have complete administration. Evaluation still only measure the cognitive aptitude of students. The process of encouraging discipline done in weekly routine training, camping, ceremony and PBB. The implementation of scouting education based on PDMPK. Factor that support scouting education namely the facilities and infrastructures adequate, a conductive environment, support from school and parents. Factors that hampers scouting education namely lack of a facilitator and wheather.

Key word : discipline, scouting education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.