UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jetis Kemangkon Purbalingga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reaserch). Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPA mencapai skor ≥60 pada saat kondisi awal adalah 3 siswa (14,29%) dan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 61,43 dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 7 siswa (33,33%). Setelah dilaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siklus I jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPA mencapai skor ≥60 meningkat menjadi 10 siswa (47,62%) dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,1 dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM yaitu 13 siswa (61,9%). Setelah dilakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II yaitu pada tahap berpikir bersama, jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPA mencapai skor ≥60 meningkat menjadi 18 siswa (85,71%) dan rata-rata hasil belajar
siswa meningkat menjadi 89,5 dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM yaitu 19 siswa (90,48%).
Kata kunci: Motivasi, Hasil Belajar IPA, Numbered Heads Together
Abstract
This research aimed to improve motivastion and result of learning science through Numbered Heads Together model towards fourth grade students of SD Negeri 2 Jetis Kemangkon Purbalingga. The type of research that is being implemented is classroom action research. The data analysis kind used is the analysis of qualitative and quantitative data. Research showed that learning through Numbered Heads Together model can improve students motivation and result of study in science. The number of students who have the motivation to learn science reached a score ≥60 while initial conditions is 3 students (14,29%) and the students result study average is 61.43 with the number of students who have reached KKM is 7 students (33.33%). After learning performed using the learning model Numbered Heads Together in the first cycle the number of students who have the motivation to learn science reached score ≥60 increased to 10 students (47,62%) and the students result study average increased
to 73.1 by the number of students who have reached KKM is 13 students (61,9%). After the improvement of the first cycle to the second cycle that is at the stage of thinking together, the number of students who have the motivation to learn science reached score ≥60 increased to 18 students (85,71%) and the students result study average increased to 89.5 by the number of students who have reached KKM is 19 students (90.48%).
Keywords: Motivation, Result Study of Science, Numbered Heads Together
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.