PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PKN

Faiz Abidin,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V-B SDN Sinduadi 1 tahun ajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penumpulan data penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) meningkatkan Keaktifan Belajar PKn siswa. Seluruh indikator keaktifan Belajar PKn telah mencapai Kriteria Keberhasilan Tindakan yaitu mencapai persentase lebih dari 75%. Peningkatan persentase Keaktifan Belajar PKn siswa berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 70,1% menjadi 81,7% pada siklus II. Ketercapaian Keaktifan Belajar PKn siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan observasi pada siklus I mencapai 61,2% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87%.

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatf tipe Group Invesigation (GI), Keaktifan Belajar PKn

 

Abstract

This study was aimed at improving the learning activeness of the fifth grade civic education in Sinduadi 1 Primary School 2017/2018 school year with applying Group Investigation a cooperative learning model. This study was classroom action research. This study was using observation to retrieve data. This study was using descriptive quantitative analysis technique. The result showed that cooperative learning Group Investigation improves the fifth grade Civic Education learning activeness. The Civic Education learning activeness indicators have reached the criteria for the observation and have increased by more than 75%. The escalation of Civic Education learning activeness percentage based on observation in cycle I was amount from 70,1% to 81,7% in cycle II. The individual Civic Education learning activeness percentage based on observation have increased in cycle I amount from 61,2% to 87% in cycle II.

Keywords : Civic Education learning activeness, Group Investigation, cooperative learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.