PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI GOLO, YOGYAKARTA

Ika Windyaningrum,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS menggunakan metode make a match pada siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggarrt. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Golo berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode make a matchdapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta. Pada indikator ‘Tekun dalam menghadapi tugas’ meningkat dari pra tindakan 57% (kurang), pada siklus II menjadi 84% (baik).Pada indikator ‘Ulet menghadapi kesulitan/tugas’ meningkat dari pra tindakan 60% (cukup), pada siklus II menjadi 87% (sangat baik). Pada indikator ‘Menunjukkan minat belajar IPS’ meningkat dari pra tindakan 55%(kurang), pada siklus II menjadi 83% (baik). Pada indikator ‘Senang belajar IPS’ meningkat dari pra tindakan 56% (kurang), pada siklus II menjadi 81% (baik). Pada indikator ‘Berani berpendapat’ meningkat dari pra tindakan 55% (kurang), pada siklus II menjadi 77% (baik). Pada indikator ‘Kerjasama dalam belajar IPS’ meningkat dari pra tindakan 56% (kurang), pada siklus II menjadi 79% (baik).

Kata kunci: motivasi belajar IPS, metode make a match

Abstract

This research’s aim is to improve the learning motivation in social study using make a match method in 5thA grader Golo State Elementary School Yogyakarta. This research is collaborative classaction research, the research using Kemmis and Mc Taggart model design. The subjects of the research are 28 students in 5thA grader Golo State Elementary School. The data was collected using scale,observation, and field note. Methods and analyzed using quantitative descriptive technique.The result of the research shows that using make a match method can improve the learning motivation in social study on 5th A grader Golo State Elementary School Yogyakarta. In indicators ‘Perseverance to do task’increased from pre-action 57% (less), in the second cycle become 84% (good). In indicator ‘Tenacity to face difficulty/ do task’ increased from pre-action 60% (enough), in the second cycle become 87% (very good). In indicator ‘Shows interest in learning social study’ increased from pre-action 55% (less), in the second cycle become 83% (good). In indicator ‘Like to learn social study’ increased from pre-action 56% (less), in the second cycle become 81% (good). In indicator ‘Brave argues’ increased from pre-action 55% (less), in the second cycle become 77% (good). In indicator ‘Cooperation to learn social study’ increased from pre-action 56% (less), in the second cycle become 79% (good).

Keyword: motivation learning social study, make a match method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.