KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI PUTUK KABUPATEN WONOGIRI

Prihatin Langgeng Murniati,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  kepemimpinan  kepala sekolah  di  SD  Negeri  Putuk Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I (satu) sampai dengan kelas VI (enam), guru Pendidikan Agama Islam, guru olahraga, beberapa siswa kelas V (lima) dan kelas VI (enam). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah cenderung pada kepemimpinan yang demokratis. Hal ini terlihat dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Kepala sekolah selalu membiasakan musyawarah dalam memecahkan masalah. Dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan selalu dilakukan dengan rapat, diskusi, dan musyawarah dengan staf dan guru-guru. Kepala sekolah selalu menerima pendapat, kritik, dan saran dari bawahan dengan baik, lapang dada dan ikhlas serta senantiasa mengutamakan rasa kebersamaan. Selain itu kepala sekolah selalu berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan kepala sekolah untuk senantiasa meningkatkan kualitas sekolah dan kualitas pembelajaran.

Kata kunci: kepemimpinan, kepala sekolah, Sekolah Dasar

 

Abstract

This research aims to describe the leadership of headmaster at Putuk elementary school Wonogiri District. The type of this research was qualitative descriptive. The subjects in this research were teachers of 1st to 6th grader students, teacher of Islamic Education, sports teacher, several students of grade V and grade VI. Technique used to collect data for this research were interview, observation, and documents. The data was analyzed by using data reduction steps, data display, and conclusion drawing. The examination technics for the data validity use source and technic triangulation.Result of this research shows that the leadership of the headmaster tends to be democratic leadership. Thoose was seen in problem solving and decision making. The headmaster always gets into deliberation in solving the problem. In solving problems and making decisions are always done with meetings, discussions and deliberations to staff and teachers. The principal always received opinions, criticisms and suggestions from subordinates with a good, roomy and sincere chest and always put a sense of togetherness. In addition the principal always actively participated in every principal's activities to constantly improve the quality of the school and the quality of learning.

Keyword : leadership, headmaster, Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.