PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA YANG MEMILIKI KETERAMPILAN BERBICARA RENDAH

Metty Nur Utami,

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pada satu siswa di SD Negeri 2 Wates berketerampilan berbicara rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas VI SD Negeri 2 Wates dan satu siswa berketerampilan berbicara rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tipe Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabisahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian menunjukkan guru sebagai fasilitator menanggapi pendapat, memberikan perhatian, mentoleransi kesalahan, kurang mengusahakan sumber belajar; sebagai motivator mengonfirmasi tugas, memberi penghargaan, mengoreksi jawaban, memberitahu aspek nilai keterampilan berbicara, tidak memberikan hadiah, hukuman bersifat peringatan; sebagai demonstrator menguasai bahan dan materi pelajaran serta mengembangkannya, menunjukkan sikap terpuji; sebagai mediator terampil berkomunikasi, membangun kedekatan hubungan, jarang menggunakan media pembelajaran namun dapat memaksimalkan ketika menggunakannya; sebagai evaluator menilai kemampuan sesuai tujuan, memberikan tindak lanjut dengan evaluasi, pengulangan materi, tidak melangsungkan remidi dan pengayaan.

Kata kunci: peran guru, keterampilan berbicara

 

Abstract

This research aims to describe teacher’s role to low speaking skills student in SD Negeri 2 Wates. This research used qualitative approach descriptive type. The subjects were teacher of sixth grade and a low speaking skills student. The data collection techniques used observation, interview and documentation. The data analysis technique used Miles and Huberman’s type, included data reduction, presentation and conclusion. The data validity used source and technique triangulation. The results were the teacher as: facilitator, responded opinions, gave attention, tolerated fault, didn’t take efforts for learning resources; motivator, gave task confirmation, appreciated achievements, revealed assessment aspects of speaking skills, didn’t give any gift, used punishment as warning; demonstrator, understood and developed lessons material, showed good attitudes; mediator, could communicate well, had good relationship, used media rarely but could maximize it use; evaluator, suited the assessment with learning purpose, gave follow-up lessons by evaluation, repeated material, no remedy and enrichment.

Keywords:teacher’s role, speaking skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.