PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif menggunakan Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar dapat meningkatkan proses dan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Karanganyar.
Kata kunci: keterampilan menulis, media gambar, SD
Abstract
This research aim at: improving the learning process and improving the descriptive essays writing skill for fifth grade students of SD Negeri Karanganyar. The type of this research was collaborative classroom active research using Kemmis and Taggart with spiral model. The data collection method was using test, observation, and documentation. Researcher conducted data analysis using quantitative statistic descriptive by finding the mean. The result show that learning descriptive essays writing skill by using image media can improve the process and productwriting skill of fifth grade students of SD Negeri Karanganyar.
Keywords: writing skill, image media, elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.