ANALISIS PROSES PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN MONGGANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik di SD Negeri Monggang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru kelas I, II dan III yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian menurut Miles dan Hubberman yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verivcation (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan silabus yang disediakan oleh pihak sekolah. Kendala yang dialami guru dalam membuat perencanaan
pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik yaitu guru masih kesulitan dalam mengaitkan kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran. Selain itu, penerapan pendekatan saintifik juga masih bersifat sederhana. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru tetap menerapkan langkahlangkah
pendekatan saintifik serta membuat perencanaan pembelajaran sendiri untuk bagian-bagian yang tidak dapat dipadukan.
Kata kunci :pembelajaran tematik, pendekatan Saintifik
Abstract
This study aimed to describe the analysis of thematic learning planning process using scientific approach at SD Monggang.This research is a descriptive qualitative study. The subjects in this study is a first grade teacher I, II and III, which consists of 3 people. Data collection techniques in this study were interviews and documentation. Data analysistechniques used in the study according to Miles and Hubberman ie, data reduction, a data display, and verivication.The results of this study indicate that teachers create lesson plan based on the syllabus provided by the school.Constraints experienced teachers in planning thematic learning using scientific approaches that teachers are still difficulties in linking the basic competence of some subjects. In addition, the application of the scientific approach is still too simple. Efforts to overcome these obstacles is permanent teachers implement measures scientific approach and create their own learning plan for the parts that can not be combined.
Keywords: thematic learning, scientific approach
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.