KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA RETARDASI MENTAL KELAS II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal siswa retardasi mental kelas II SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa retardasi mental kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan interpersonal siswa retardasi mental tingkat hubungan sosial yang rendah, memiliki rasa empati yang tinggi dengan orang lain, dan kemampuan memahami bahasa lisan dan tulisan yang tergolong rendah dengan perbendaharaan kata terbatas.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, retardasi mental
Abstract
This research aims to describe interpersonal intelligence of students mental retardation on second grade students in a Muhammadiyah 2 Elementary School of Magelang city. This research used qualitative approach with the descriptive type. The subject of this research was mental retardation students on second grade. This research did in February to May 2017. The data collection techniques used observation and interview. The data analysis techniques used Miles and Huberman’s data analysis techniques includes data reduction, data presentation, and conclusion. The validity of the data used triangulation technique and some sources. The result of this research indicated that self confidence of student mental retardation as follows: social relationships are low, has a high emphaty with other person, and can’t to understand write and spoke language with limited word treasury.
Keywords: interpersonal intelligence, mental retardation
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.