PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA TERBIMBING

Ahmad Fauzi Rahman,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan metode pembelajaran membaca terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas dengan desain model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di SD Muhammadiyah Girinyono. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil tes keterampilan membaca permulaan dan catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa. Pada pra siklus, terdapat 11 siswa (68,75%) dari 16 siswa siswa yang belum tuntas, sedangkan yang sudah tuntas yaitu 5 siswa (31,25%). Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 7 siswa (43,75%) dan siswa yang belum tuntas sebesar 9 siswa (56,25%). Pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, 13 siswa (81,25%) telah tuntas sedangkan yang belum tuntas yaitu 3 siswa (18,75%).

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, metode pembelajaran membaca terbimbing.

 

Abstract

This study aims at improving student early ready skill using guided reading learning method. The type of research conducted Classroom Action Research with Kemmis and Mc Taggart model. The subjects were the students of class I which amounted to 16 students. This research was conducted in May 2017 at SD Muhammadiyah Girinyono. Data collected based on initial reading skill test results and field notes. Data analysis using descriptive qualitative and quantitative. The results show an improvement in the early ready skill. In pre cycles, there are 11 students (68.75%) of 16 unfinished student students, while the completed 5 students (31.25%). In cycle I the number of complete students increase to 7 students (43.75%) and students who have not complete are 9 students (56.25%). In the second cycle has met the criteria of successful research, 13 students (81.25%) has been complete while the uncomplete is 3 students (18.75%).

Keyword: early reading skills, guided reading learning methods.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.