MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 1 TLOGODEPOK KEBUMEN

Makhali Makhali,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar sains menggunakan
Strategi Pembelajaran Inkuiri terbimbing di kelas V SD Negeri 1 Tlogodepok
Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas 2
siklus. Siklus I dengan sub materi pengungkit (tuas), sedangkan pada siklus II
dengan sub materi bidang miring, katrol, dan roda berporos. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tlogodepok Kebumen, sebanyak 14 siswa.
Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket minat
belajar sains. Data yang diambil adalah skor minat dan aktivitas siswa dianalisis
menggunakan teknik deskriptif persentase secara deskriptif kuantitatif dan
kualitatif.
Hasil penelitian minat belajar sains siswa kelas V SD Negeri 1 Tlogodepok
Kebumen terjadi peningkatan sebesar 42,2%, dimana pada siklus I minat belajar
sains siswa sebesar 48,2% dan pada siklus II minat belajar sains siswa menjadi
sebesar 90,4%. Minat belajar sains meningkat karena siswa terlibat langsung
dalam proses penerimaan konsep belajar; siswa praktik sesuai dengan kemampuan
logika dan nalar yang dimilikinya; dan siswa mendapatkan daya ingat yang lebih
tinggi.

Kata kunci: startegi pembelajaran Inkuiri terbimbing, minat belajar sains

Abstract

This study aims to increase interest in learning science using Inquiry Learning
Strategy guided in the fifth grade students of SD Negeri 1 Tlogodepok Kebumen.
This research is a classroom active reseach, which consists of 2 cycles. I cycle
with the material sub lever (lever), while the second cycle with the material sub
inclined plane, pulley, wheel and pivot. The subjects of this study were students of class V SD Negeri 1 Tlogodepok Kebumen, as many as 14 students. The research instruments used include observation sheet and questionnaire interest in learning science. The data taken is balanced interests and activities of students were analyzed using descriptive techniques percentage descriptive quantitative and qualitative.
Results of research interest in learning science class V students of SD Negeri 1
Tlogodepok Kebumen an increase of 42.2%, which in the first cycle student
interest in learning science by 48.2% and in the second cycle students' interest in learning science amounted to 90.4%. Increased interest in learning science
because students are involved directly in the process of acceptance of the concept of learning; students practice in accordance with the capabilities of its logic and reason; and students get a higher memory.

Keywords: learning strategy Inquiry guided, interest in studying science.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.