IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI PREMBULAN GALUR KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, dan hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD Prembulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Prembulan pada bulan November 2014-Mei 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang digunakan tidak dibuat oleh guru sendiri, namun sudah menunjukkan pengintegrasian pendidikan karakter. Dalam hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, kegiatan spontan, serta beberapa strategi pendidikan karakter. Dalam pembelajaran tematik, guru mengembangkan dan menanamkan sembilan nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendiknas. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah keterbatasan sarana dan prasarana berupa media pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian sikap, dan faktor keluarga.
Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, sekolah dasar
Abstract
The purpose of this research is to describe implementation, character values, and obstacle in the implementation of character education in thematic learning at 4th grade of SD N Prembulan Galur Kulon Progo. This research used qualitative approach and the type of this research is descriptive. The subject of the research is 4th grade teacher. The research was conducted in SD N Prembulan on period November 2014-May 2015. The technique used to collecting data are observation, interview and documentation. The main instrument used by the researcher is using instrument as observation, interview and learning plan analysis. The data is analysed by Miles and Huberman methods i.e. data reduction, data presentation and conclusion. The technique to check the data validity is triangulation technique. The results showed that the lesson plans that used by teacher is not make by herself, but it has showen character education integration. In practice, teacher implemented through learning activities and teaching methods, spontaneous activity, and also some character education strategies. In thematic learning, teacher develop nine character values that developed by Kemendiknas. The obstacles that faced by teacher in implementing character education is the limited facilities such as learning media, learning methods, assesment of attitudes, and family factors.
Keywords: implementation, character education, elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.