PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI QUANTUM TEACHING

Bhismo Aji Wibowo,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa melalui model Quantum Teaching pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tunggulrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SD Negeri 01 Tunggulrejo. Terbukti pada pratindakan persentase KKM 19,05%, pada siklus I meningkat menjadi 61,90% dan menjadi 80,95% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan menulis aksara Jawa, Quantum Teaching

 

Abstract

This research aims at improving skill of the Javanese alphabet writing through Quantum Teaching model of 4th grade at SD Negeri 01 Tunggulrejo. The type used was a classroom action research with subjects were 21 students. Methods of data collection used observation and test ofperformance. The data analysis techniques used qualitative and quantitative. The Quantum Teaching model can improve skill of the 4th grade students the Javanese alphabet writing. It proved by the percentage of pre-action completeness Minimal criteria (KKM) is 19,05%, then in the first cycle increase to 61,90%and 80,95% in the second cycle.

Keywords: Javanese alphabet writing skills, Quantum Teaching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.