PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Rafika Nurrahmi,

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta tema pendidikan yang layak untuk siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang didasarkan pada pengembangan R & D dari Thiagarajan, Semmel, and Semmel yang disebut dengan model Four-D. Namun, desain pengembangan modul ini hanya meliputi tiga langkah yang terdiri dari define, design, dan develop. Hasil penilaian ahli bahwa modul tersebut telah layak diujicobakan dengan dibuktikan dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 3,60 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,18 dengan kategori baik. Hasil angket respon guru mendapat skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan mendapat skor rata-rata 4,39 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata 4,57 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 4, 56 dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: modul, kearifan lokal DIY, siswa kelas 3 SD

 

Abstract

This research aims to produce an appropriate instructional module which based on Special Region of Yogyakarta’s local wisdoms with educational theme for third grade students of primary school. The type of this research was research and development (R&D) in which the research model was adapted from Four-D model developed by Thiagarajan, Semmel & Semmel. However, the developmental design of this instructional module only covered three steps which were consisted of defining, designing, and developing stage. The expert judgment result shows that the module is considered appropriate to be tested in which this decision is previously proven by the validation from the content expert and instructional media expert. The validation score from the instructional media expert is 3.60 (good category). The validation score from the content expert is 4.18 (good category). The average score of teachers’ questionnaire responses is 4.5 (very good category). The average score of individual trial is 4.39 (very good category). The average score of small group trial is 4.57 (very good category). The average score of field trial is 4.56 (very good category).

Keywords: instructional module, Special Region of Yogyakarta’s local wisdoms, third graders

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.