PERBEDAAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN STAD (STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Chintya Kesuma Pratingkas,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara kelompok yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan dan kelompok yang diajar dengan STAD pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri I Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode true experiment dengan bentuk desain Pretest-Postest Control Group. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu pemahaman belajar siswa dan variabel bebas yaitu model pembelajaran. Sampel penelitian adalah 17 siswa kelas VA dan 17 siswa kelas VB SD Negeri 1 Wonogiri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-test sampel independen dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman belajar siswa secara signifikan antara kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan STAD, nilai sig pada uji t sebesar 0,024. Rerata skor posttest pada kelompok eksperimen sebesar 19,88, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 16,76.

Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran STAD, pemahaman belajar

 

Abstract

This research aims to find out the differences of learning comprehension on social science lesson between the group using cooperative models jigsaw and STAD models of students class V in SD Negeri 1 Wonogiri. This research used quantitative approach with true experiment method and pretest-posttest control group design. This research consists of dependent variable which is student learning comprehension and independent variable that is learning models. The sample of the research were 34 students, 17 on class VA and 17 on VB of SD Negeri 1 Wonogiri. Data collection techniques used multiple choice tests. The analysis technique that used to examine hypothesis is t-test technique with 5% significant level. The results of this research shows that there is a significant difference of learning comprehension between group that using cooperative learning jigsaw and STAD models, the sig value in the t test is 0.024. The mean of posttest score in the experimental group is 19,88 while in the control group is 16,76.

Keywords: Keywords: jigsaw learning model, STAD learning model, learning comprehension

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.