PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA JAWA DENGAN METODE BERMAIN, BERCERITA, MENYANYI

Franciska Maya Edwina Indrasanti,

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Jawa melalui metode bermain, cerita, menyanyi di kelas I A SD Negeri Percobaan 4 Wates. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK, model Kemmis dan Taggart. Data diambil dari observasi siswa dan skala psikologi minat belajar bahasa Jawa siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari prasiklus, siklus I dan siklus II rerata mengalami peningkatan. Skor minat belajar bahasa Jawa pada prasiklus sebesar 24,5. Pada siklus I menjadi 28,7 kemudian menjadi 29,7 pada siklus II. Hasil menunjukkan bahwa rerata minat belajar bahasa Jawa dalam kategori tinggi. Sebanyak 80% siswa dalam kategori minat yang tinggi. 

Kata kunci: Minat belajar Bahasa Jawa, metode bermain, cerita, menyanyi 

 

Abstract 

This research have a goal to increase the interest of learning Java Language using playing, story telling, singing method in class I A SD Negeri Percobaan 4 Wates. The research used classroom action research with Kemmis and Taggart model. Data collection techniques were used psychology scale and observation. The analyze data used descriptive quantitative. The result of the study show that in precycle, cycle I, and cycle II has increased score. Interest score in precycle was 24,5. In cycle I up to 28,7 and then 29,7 in cycle II. The result show that average of Java language interest in high category. As many as 80% of student in high interest category. 

Keywords: Interesting java language learning, playing, stories, singing method 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.