HUBUNGAN PENDIDIKAN MORAL DAN KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan moral dan komunikasi dalam keluarga dengan perilaku sosial anak kelas V sekolah dasar di Gugus III Banguntapan Bantul Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam pelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar di Gugus III Banguntapan Bantul sebanyak 142 anak.Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan validitas butir, uji reliabilitas menggunakan teknik uji reliabilitas alpha cronbach.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan: (1) Ada hubungan signifikan dan positif antara pendidikan moral dalam keluarga dengan perilaku sosial anak, dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. (2) Ada hubungan signifikan dan positif antara komunikasi dalam keluarga dengan perilaku sosial anak, dengan signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada hubungan yang signifikan dan positif antara pendidikan moral dan komunikasi dalam keluarga dengan perilaku sosial anak, dengan signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Pendidikan moral keluarga, komunikasi keluarga, perilaku sosial anak.
Abstract
This Research aims to find out the relationship of moral education and communication in family with the children social behavior. This research used quantitative approach. The population in this research are the students in 5th grade students in cluster III Banguntapan Bantul Yogyakarta, wich amounts to 142 children. Data collection used questionnaire . The validity test used construct validity and reliability test used alpha cronbach reliability test. Data analysis used regression analysis. The results of the analysis show: (1) There is a significant and positive correlation between moral education in family and social behavior of children, with the value of significance = 0,000 <0.05. (2) There is a significant and positive relationship between communication in the family and children social behavior, with significance of 0.000 <0.05. (3) There is a significant and positive relationship between moral education and communication in the family with the social behavior of children, with a significance of 0.000 <0.05.
Keywords: Family moral education, family communication, social behavior of children.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.