PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Arrohman Nur Karim,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Quantum Learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar Matematika siswa kelas V. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Giwangan yang berjumlah 62 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VB sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic deskriptif yaitu membandingkan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Quantum Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen sebesar 83,06 lebih tinggi dari nilai rata-rata post-test pada kelompok kontrol sebesar 75,81. Selisih nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 7,25. Hal tersebut juga didukung oleh perbedaan peningkatan rata-rata nilai pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu 26,45 > 19,68, dapat dikatakan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol.

Kata kunci: Quantum Learning, Hasil Belajar Matematika.

 

Abstract

The research aims to find out the influence of Quantum Learning towards mathematics learning achievement at fifth grade students of SD Negeri Giwangan Yogyakarta. The type of this research was quasi-experimental design in form of nonequivalent control group design. The independent variable of this research was quantum learning, whereas the dependent variable was fifth grade students’ mathematics learning achievement. The population of this research were all of fifth grade students in SD Negeri Giwangan consisted of 62 students which then divided in two classes that were class VA as the experimental group that consists of 31 students, and class VB as the control group that consists of 31 students. The data collection techniques were test and observation. The data were analysed by using descriptive statistics that very compared the average value. The result shows that there is a positive influence of Quantum Learning towards mathematics learning achievement at fifth grade students of SD Negeri Giwangan Yogyakarta. This is evidenced by the difference in post-test average value in the experimental group (83.06) which is higher than the average post-test value in the control group (75.81). The difference between the post-test average in the experimental and control group is 7.25. This is also supported by the difference in the average value of the experimental group and the control group, between 26.45 > 19.68, it can be said that the experimental group has bigger difference than the control group.  

Keywords: Quantum Learning, Mathematics Learning Achievement. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.