PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Wahyu Wismanto,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model quantum teaching terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN Jumo Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental design. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa Kelas V SD Negeri Jumo sebanyak 34 anak sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngadirejo sebanyak 34 anak sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor kreativitas siswa awal dan akhir kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model quantum teaching terhadap kreativitas siswa kelas V SD Negeri Jumo Temanggung. Rata-rata skor hasil pengukuran keativitas siswa awal melalui observasi pada kelas kontrol sebesar 74,00 dan kelas eksperimen sebesar 75,47, sedangkan rata-rata perolehan skor hasil pengukuran keativitas siswa akhir melalui observasi pada kelas kontrol sebesar 77,13 dan kelas eksperimen sebesar 78,94.

Kata kunci: quantum teaching, kreativitas siswa

 

Abstract

This research aims to find out how the application of quantum teaching affect the fifth graders’ creativity on science. This was a quasi-experimental research in a form of nonequivalent control group design. The population subject were 34 fifth grades’ in SDN Jumo as experiment class and 34 fifth grades’ in SDN 1 Ngadirejo as control class. The data was collected trought observation. The instrument was used observation paper. The data analysis done by comparing the mean of the initial and final creativity scores of both groups. The result show the effect of quantum teaching application toward the fifth graders’ creativity on science. The average scores acquired using observation on the students’ initial creativity of the control class is 74,00 and experiment class is 75,47, whereas the average scores acquired using observation on the students’ final creativity of the control class is 77,13 and experiment class is 78,94.

Keywords: quantum teaching, student creativity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.