PENGEMBANGAN BIG BOOK KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA UNTUK PEMBELAJARAN IPS

Ria Vionita Sari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Big Book “Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga” yang layak digunakan untuk pembelajaran IPS Kelas II SD N Karangtengah IV. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang digunakan adalah pengembangan perangkat modifikasi model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser & Mollenda (1990). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, observasi, penilaian ahli materi dan media. Subjek penelitian ini sejumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan perhitungan rerata. Hasil penelitian ini menunjukkan kategori sangat layak (4,5) pada tahap validasi materi. Hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat layak (4,2). Hasil uji coba one-to-one menunjukkan kategori layak (4). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kategori sangat layak (4,7). Hasil uji coba lapangan menunjukkan kategori sangat layak (4,5). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, media Big Book “Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga” yang dihasilkan peneliti layak digunakan untuk pembelajaran IPS kelas II SD.

Kata kunci: Pengembangan, Big Book, IPS

 

Abstract

This research aims to produce a Big Book “Position and Role of the Family Members” which valiable to social studies learning at 2nd grade SD N Karangtengah IV. The research used Research and Development (R&D) method. The research procedure that had been used was ADDIE modification research tool method which was invented by Reiser & Mollenda (1990). The data collection techniques used interview, questionnaire, observation, expert assessment sheets of media and social content. This research subject were students at 2nd grade totaling 22 students. The data analysis technique used quantitative method. The result of the research shows that the average of social content expert validation results a very viable category (4,5). The result of media expert validation shows a very viable category (4,2). While the student’s responses in one-to –one trail shows a viable category (4). The student’s responses in small group evaluation shows a very viable category with (4,7). The last is from the field evaluation shows a very viable category (4,5). From above teaching media through Big Book “Position and Role of the Family Members” which was produce by researcher viable to use in social study at 2nd grade students.

Keyword: developing, Big Book, social studies



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.