PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MONTESSORI UNTUK SISWA KELAS V

Fawzia Aswin Hadits,

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bangun ruang dengan pendekatan Montessori yang layak digunakan siswa kelas V SDN Tukangan. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi produk pertama mendapatkan skor 3,875 (kriteria baik), tahap kedua memperoleh skor 3,917 (kriteria baik), dan validasi ketiga memperoleh skor 3,958 (kriteria baik). Validasi media pertama mendapatkan skor 2,333 (kriteria kurang), tahap kedua memperoleh skor 3,778 (kriteria baik), dan validasi ketiga memperoleh skor 4,667 (kriteria sangat baik). Hasil tahap uji coba memperoleh kriteria baik, yaitu  uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 2,73; uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 2,93; dan uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 2,97. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif siswa kelas V SD.  

Kata kunci: pengembangan, pendekatan Montessori, modul pembelajaran 


Abstract 

The goal of the research is develop the three-dimension geometry module using Montessori approach which is possible to be use for 5thgrader in SD N Tukangan. The method that used was development method which refered to Borg and Gall. The techniques of collecting data were questionnaire, interview, and observation.The result of material validation get good criteria, they are first material validation get score 3,875, the second material validation get score 3,917, and the third material validation get score 3,958. The first media validation get score 2,333 (less criteria), the second media validation get score 3,778  (good criteria), and the third media validation get score 4,667(very good criteria). The result of field test get good criteria, they are preliminary field testing get score 2,73; main field testing get score 2,93; and operational field testing get score 2,97. Therefore, the development of learning module is possible to be an alternative learning resources  for 5th grader students in SD N Tukangan. 

Keywords: development, Montessori approach, learning module 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.