PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Aida Fitria,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa di SDN Golo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pustakawan, guru, dua belas siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan koleksi dengan dibaca dan dipinjam. Kegiatan yang dilakukan yaitu penugasan dan non penugasan, 2) faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa yaitu kebutuhan, motivasi, jenis koleksi, 3) upaya pustakawan dalam mengoptimalkan perpustakaan dengan mengadakan beberapa program. Upaya guru melalui pembelajaran, kerjasama, dan motivasi. Upaya kepala sekolah dengan himbauan, kerjasama, dan sumbangan buku, 4) faktor pendukung dalam upaya mengoptimalkan perpustakaan adalah otomasi, dana, dan manajemen baik. Faktor penghambat yaitu jumlah buku kurang, pustakawan double job, terbatasnya sarana prasarana dan jam kunjung. 

Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, siswa.


Abstract

This research aims to described the utilization of school library by the students in SDN Golo Yogyakarta.  The approach of the research was qualitative descriptive. The subjects of this research were librarians, teacher’ class, twelve students, and headmaster. Data collection technique used  observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reduction, presenting the data, and conclusion. Validation of data used member check and triangulation. The results shows that: 1) utilization of collection in the library have done by the students through read and borrow. Activities that are assignment and non assignment, 2) factors that affect the utilization of school library for students are need, motivation, type of collection, 3)the librarian’ efforts to optimize the library by create some programs. Teacher’ efforts through learning, cooperation, and motivation. Headmaster’ efforts by appeal, cooperation, and book donation, 4) supporting factors in efforts to optimize the library are automation, funds, and good management. Inhibiting factors are less of book, librarian double jobs, limited infrastructure, and hours of visiting. 

Keywords: utilization of library, students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.