PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN KELAS DI SD NEGERI PERCOBAAN 3
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan kelas di SD Negeri Percobaan 3. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, siswa, dan pustakawan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Percobaan 3 telah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi perpustakaan kelas. Visi misi perpustakaan kelas sesuai dengan perpustakaan sekolah dan tujuannya adalah untuk mendekatkan siswa dengan buku serta sebagai upaya meningkatkan minat membaca siswa. Sumber daya manusia berasal dari dalam sekolah. Koleksi bahan bacaan berasal dari sumbangan dan meminjam. Sarana dan prasarana merupakan tanggung jawab sekolah. Pemanfaatan perpustakaan kelas digunakan untuk kegiatan budaya membaca yaitu wajib membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran. Selain itu, hasil perbandingan antara perencanaan dengan pelaksanaan perpustakaan kelas dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi sekolah.
Kata kunci: perpustakaan kelas, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Abstract
This research aims to describe the management of the class library in SD Negeri Percobaan 3. This research was qualitative descriptive research. Subjects were teachers, students, and librarians. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques were data reduction, data display, and conclusion drawing. As for the validity of the test data was using triangulation sources and triangulation techniques. The results shows that SD Negeri Percobaan 3 has conducted the planning, implementation, and evaluation in class library management. The vision and mission of the class library was accordance with the school library and aimed to bring students closer to the books as well as the increase students’s reading interest. Human resources come from within the school. The collection of reading material come from donations and borrowing. The responsibility of the school was supplying facilities and infrastructure. Utilization of class library used for reading culture activities that must be read for 15 munites before learning. The evaluation of the class library were comparison between planning and implementation.
Key Words: class library, planning, implementation, evaluation
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.