IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017/2018 THE IDENTIFICATION OF OBSTACLES THE SWIMMING TEACHINGLEARNING IMPLEMENTATION IN ELEMENTARY SCHOOLS OF SEWON SUBDISTRICT BANTUL DISTRICT YEAR 2017/2018

Sandra Agustina, , Indonesia
hedi ardianto, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang seberapa tinggi hambatan
pelaksanaan pembelajaran renang di SD Negeri Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Tahun
2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei
dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 22 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SD Negeri di Kecamatan Sewon
Kabupaten Bantul Tahun 2017/2018. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 22 prang yang
ditentukan dengan menggunakan anggota populasi sebagai sampel/ sampling jenuh.
Penelitian ini dari 34 butir soal yang valid dengan alternative jawaban Sangat Setuju (ST),
Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Berdasarkan perhitungan uji
reabilitas diperoleh hasil 0,980. Hasil dihitung dengan menggunakan analisis statistic
deskriptif dan dipresentasekan.  
Hasil penelitian mengenai identifikasi hambatan pelaksanaan pembelajaran renang
sekolah di SD Negeri di Kecamatan Sewon Tahun 2017/2018 pada kategori sangat tinggi
sebesar 4,55%, kategori tinggi sebesar 31,82%, kategori cukup sebesar 36,36%, kategori
rendah sebesar 22,73%, kategori saangat rendah sebesar 4,55%.

Kata kunci: Hambatan, Pembelajaran, Renang
 
ABSTRACT
This research is purposed to know how high the obstacles of swimming teaching-
learning implementation in the State Elementary School in Sewon subdistrict Bantul district
year 2017/2018.  
This research is a quantitative descriptive research using survey method with the data
gathering technique using questionnaire. The samples in this research are 22 Physical
Education teachers in the State Elementary Schools in Sewon subdistrict Bantul District year
2017/2018. The measurements of the samples of this research is determined by using
population members as a sample/ Saturation Sampling. In this research, by the 34 numbers of
the questions, the valid answers answered by alternative answers Sangat Setuju (ST), Setuju
(S), Tidak Setuju (TS, Sangat Tidak Setuju (STS). Based on the reability test, the result is
0.980. The results were measured using descriptive statistic analytics and were presented.
The result of the identification of obstacles of swimming teaching-learning State
Elementary School in Sewon subdistrict year 2017/2018 that were categorized very high
amount 4.55%, categorized high amount 31.82%, categorized low amount 22.73% and
categorized very low amount 4.55%.
Keywords: Obstacles, Teaching-Learning, Swimming

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.