PENDIDIKAN KARAKTER DI TK AL I’DAD AN-NUUR CAHAYA UMAT SLEMAN YOGYAKARTA

Agatha Yerika Septininditya,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di TK AL I’DAD An-Nuur Cahaya Umat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) alasan TK ini menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu program unggulan adalah karakter merupakan sesuatu yang sifatnya mendasar dan TK ini ingin menjadikan pendidikan karakter sebagai icon dari sekolah; 2) nilai-nilai karakter yang ditanamkan yaitu nilai-nilai pada sembilan pilar karakter Ratna Megawangi; 3) proses penanaman nilai-nilai karakter di TK ini diselenggarakan pada program-program sekolah dan dengan melekat pada setiap kegiatan; 4) pihak yang berperan dalam pelaksanaan program yaitu ketua Program PAUD An-Nuur, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak; 5) faktor pendukung meliputi: pendidik yang kompeten dan berpengalaman, orang tua yang terbuka, anak yang semangat dan termotivasi, media pembelajaran dan pelibatan orang tua dalam program parenting; dan 6) faktor penghambat meliputi: lingkungan masyarakat yang belum menerapkan nilai-nilai karakter, lingkungan keluarga yang belum konsisten dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik kepada anak, dan tayangan televisi yang kurang sesuai bagi anak usia dini.

 

Kata kunci: pendidikan, karakter, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.