PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui pembelajaran dengan menggunakan benda konkret pada anak kelompok B di TKIT Sinar Melati Padasan Pakem. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilakukan dalam dua Siklus Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B TKIT Sinar Melati Padasan Pakem Sleman dapat ditingkatkan melalui benda konkret dengan mengenalkan benda konkret dan mengajak anak untuk mengamati sehingga anak dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali didepan teman-temannya. Peningkatan keterampilan berbicara dari Pra Tindakan memiliki kriteria kurang baik (47,6%) meningkat pada Siklus I dengan kriteria cukup (67,0%) dan meningkat lagi pada Siklus II dengan kriteria baik (86,9%).
Kata Kunci: keterampilan berbicara, benda konkret, anak kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.