UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A3
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode sosiodrama Kelompok A3 TK ABA Gendingan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas yang dilakukan dalam dua Siklus. Masing-masing Siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak, yang dilakukan guru terkait setting sosiodrama yang akan dilakukan oleh anak dilengkapi dengan peralatan yang sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama saat Pratindakan yaitu mulai berkembang (39,5%) dan pada Siklus I yaitu berkembang sesuai harapan yang mengalami peningkatan mencapai 14,8% (54,3%). Pada tindakan Siklus II yaitu berkembang sangat baik yang mengalami peningkatan mencapai 36,8% (91,1%) dengan kriteria pencapaian 80%.
Kata kunci: keterampilan berbicara, kelompok A3
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.