PENGETAHUAN MNEMONIK GURU DALAM STIMULASI LITERASI ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase pengetahuan mnemonik guru dalam menstimulasi literasi anak Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Selanjutnya, metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mnemonik guru dalam stimulasi literasi anak TK di Kota Yogyakarta berada pada kategori baik, dengan persentase nilai 72%. Kompetensi ini diidentifikasi melalui tiga subvariabel, yaitu: (1) subvariabel pengetahuan dan pemahaman guru tentang strategi mnemonik; (2) subvariabel pengetahuan, pemahaman, dan penerapan guru tentang proses kerja mnemonik (proses mengingat); dan (3) subvariabel pengetahuan, pemahaman, dan penerapan guru tentang jenis-jenis mnemonik. Ketiga subvariabel tersebut berada pada kategori baik dengan nilai persentase yang berbeda-beda.
Kata kunci: pengetahuan guru, mnemonik, literasi anak TK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.