PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B TK PKK PRAWIROTAMAN YOGYAKART
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran di kelompok B
TK PKK Prawirotaman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif model Kemmis
dan Taggart, yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini yaitu 18 anak terdiri dari 5 anak laki-laki
dan 13 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak meningkat
melalui metode bermain peran. Anak memerankan tokoh yang mandiri atau tidak mandiri, anak melakukan sendiri,
guru mengajak anak melakukan refleksi, kemudian guru memberi penguatan berupa pesan dan motivasi untuk
mandiri. Hasil observasi sebelum tindakan, sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Belum
Berkembang (BB) 61,11%. Pasca Siklus I sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Mulai
Berkembang (MB) 66,67%, dan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) 0. Pasca Siklus II 100% anak berada pada
kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kata kunci: kemandirian, anak, bermain peran
Abstract
This research aims to increase the child’s autonomy through role play methods in group B kindergarten
PKK Prawirotaman Yogyakarta. This research is collaborative action research model Kemmis and Taggart, that
implemented in two cycles. The subject of this research is 18 childrens consisting of 5 boys and 13 girls. Data
collection is done through observation. Data analysis techniques is descriptive qualitative and quantitative. The
results showed that the child’s autonomy increased through role play methods. Child playing the character that
autonomy or not autonomy, children do their own, teachers encourage children to reflect, then the teacher provide
reinforcement in the form of message and motivation to be autonomy. The results of observation before action,
most of the children were on the criterion of autonomy Undevelop (BB) 61,11%. Post-cycle I most of the children
were on the criterion of autonomy Began to Grow (MB) 66,67%, and criterion Good Very Developng (BSB) 0.
After the second cycle of 100% of the children are Very Good Developing criteria.
Keywords: autonomy, children, role play
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.