IDENTIFIKASI PERILAKU TANTRUM ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MARDITAMA

Mutiara Wulansari,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku tantrum anak usia 5-6 tahun di TK Marditama.
Fokus penelitian ini adalah perilaku tantrum anak usia 5-6 tahun, faktor penyebab, intensitas serta upaya dan
hambatan untuk menangani hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Objek penelitian ini adalah anak yang mengalami tantrum. Di TK Marditama terdapat dua anak tantrum.
Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara
deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya dengan
triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua anak tantrum di TK Marditama dengan perilaku
yaitu : 1) menangis, 2) menendang, 3) memukul, 4) berteriak-teriak, serta 5) melempar benda. Anak dapat
melakukan perilaku tantrum lebih dari satu kali dalam sehari. Faktor penyebabnya yaitu: 1) tidak terpenuhinya apa
yang diinginkan, 2) merasa kecewa, 3) berebut mainan, 4) diganggu teman serta 5) jika ditegur guru dengan kasar.
Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi perilaku tantrum yaitu: 1) memberikan pujian, 2) menasehati dengan
cerita, 3) menegur, 4) memberikan reward, 5) mengajarkan tanggungjawab, 6) mengalihkan perhatian anak serta 7)
meminta teman lain untuk tidak mengganggunya. Upaya yang dilakukan orangtua cenderung tidak ada, terdapat
sikap acuh dan melakukan labeling “anak nakal”. Hambatan yang dihadapi guru yaitu: guru merasa terkendala
(bingung) dalam mengatasi perilaku tantrum.
Kata kunci: perilaku tantrum, anak usia 5-6 tahun
Abstract
This study aimed to describe the behavior of children aged 5-6 years tantrums in kindergarten Marditama
The focus of this study is the tantrum behavior of children aged 5-6 years, the causes, intensity and effort and
obstacles to deal with it. This study used a qualitative approach with descriptive research. The object of this study
is the children who have tantrums. The kindergarten has two children Marditama tantrums. The data were
collected through observation, interviews, and documentation. The collected data were analyzed using descriptive
qualitative interactive analysis model. Data validity was tested research results by triangulation. The results
showed that there were two children in kindergarten Marditama tantrum behavior namely: 1) crying, 2) kicking, 3)
hit, 4) screaming, and 5) throwing objects. Child tantrum behavior can do more than once a day,. The reasons
are: 1) non-fulfillment of what is desired, 2) feel disappointed, 3) scramble toys, 4) harassed a friend and 5) if the
teacher reprimanded. Efforts are being made to address the teacher tantrum behavior namely: 1) give praise, 2)
advise the story, 3) reprimand, 4) gives reward, 5) teaches responsibility, 6) to distract children and 7) asks
another friend not to bother him. Efforts are being made parents tend not to exist, there is cool attitude and do the
labeling "bad boy". Barriers faced by teachers are: teachers feel constrained (confused) in addressing behavioral
tantrums.
Keywords: behavioral tantrums, children aged 5-6 years

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.