UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI LOMPAT TALI PADA KELOMPOK A DI TK ABA NGABEAN I TEMPEL SLEMAN

Pravista Indah Sari,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok A melalui
kegiatan lompat tali di TK ABA Ngabean I Tempel Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
dengan metode kolaboratif dan desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini
adalah Kelompok A TK ABA Ngabean I Tempel Sleman. Objek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan
unsur kemampuan motorik kasar kekuatan dan keseimbangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi. Teknik analisi data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan motorik kasar anak Kelompok A di TK ABA Ngabean I Tempel dapat ditingkatkan melalui
kegiatan lompat tali. Langkah-langkah melakukan lompat tali yaitu: (1) anak melakukan pemanasan di luar kelas;
(2) anak berbaris menjadi dua kelompok; (3) guru menjelaskan cara melakukan lompat tali; (4) guru
mendemontrasikan cara lompat tali pada anak; (5) anak melakukan lompat tali satu persatu; dan (6) guru memberi
reward kepada anak berupa stiker bintang. Peningkatan kemampuan motorik kasar dapat dilihat pada saat sebelum
tindakan diperoleh 14,28% atau 2 anak dari 14 anak berada pada kriteria baik, pada Siklus I diperoleh 71% atau 10
anak dari 14 anak berada pada kriteria baik dan pada Siklus II diperoleh 93% atau 13 anak berada pada kriteria
baik.
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, kegiatan lompat tali, anak.
Abstract
The research aimed to improve motoric skills of the students on group A ABA Ngabean I Kindergarten
School Tempel, Sleman, Yogyakarta. The research used Participative Action Class with collaborative method and
designed model from Kemmis and Mc. Taggart. The subject of this study was children from group A ABA Ngabean
I Kindergarten School Tempel, Sleman, Yogyakarta.The object of this study was motoric skills in skipping activity.
The methods of this research were observation. This study used descriptive qualitative and quantitative as the
technical data analysis. From the research, it showed that the application of skipping activity to the students of
Group A ABA Ngabean I Kindergarten School Tempel, Sleman, Yogyakarta can enchance their motoric skills. This
activity consits of some steps: (1) the children do warming up outside the class; (2) the students position themselves
in the outside of the classroom while the teacher divides them into two groups; (3) the teacher explained the
students how to play skipping; (4) the teacher demonstrated to the students how to play the skipping; (5) the
students play the skipping one by one with 20 cm in altitud; (6) the teacher gives the students a reward. The
improvement of motoric skills could be seen before the action was obtained 24,28% or 2 students from 14 students
being on good criteria, in the first cycle obtained 71% or 10 students from 14 students being on good criteria, and
the second cycle was obtained 93% or 13 students of 14 students being on good criteria.
Keywords: motoric skills, skipping activity, childreen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.