MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pengembangan kognitif anak. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dua guru kelas kelompok B2, 25 anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Panjatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran CTL dalam Pengembangan Kognitif Anak Kelompok B2 di TK Negeri Pembina Panjatan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan mulai dari pemilihan tema, pembuatan program semester, pembuatan rencana persiapan pembelajaran mingguan (RPPM), pembuatan rencana persiapan pembelajaran harian (PRRH), dan rencana penilaian, 2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan mempertimbangkan keberagaman siswa, menyediakan lingkungan pembelajaran mandiri, memperhatikan multi inteligensi, menggunakan teknik bertanya, mengembangkan pemikiran siswa agar mengkonstruksi sendiri pengetahuan, memfasilitasi kegiatan penemuan, mengembangkan sifat ingin tahu siswa, memodelkan sesuatu, mengarahkan siswa untuk merefleksikan tentang apa yang sudah dipelajari, menerapkan penilaian autentik, dan mendorong siswa membangun kesimpulan, 3) penilaian pembelajaran yang mencakup: a) penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan, b) penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran, dan c) penilaian menggunakan unjuk kerja, hasil karya, penugasan, percakapan, dan observasi.
Kata kunci : pembelajaran kontekstual, pengembangan kognitif anak 5-6 tahun.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.