Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Bermain Sains Pada Siswa Taman Kanak-Kanak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah anak usia dini melalui bermain sains. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema air, udara, dan api. Subyek dalam penelitian ini adalah kelompok B3 TK ABA Karangharjo Berbah Sleman, dengan jumlah 15 anak yang terdiri dari 9 perempuan dan 6 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh gambaran tentang kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran di TK. Hasil penelitian kemampuan memecahkan masalah anak pra tindakan atau sebelum adanya tindakan diperoleh rata-rata 45,83% dengan kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus I diperoleh rata-rata 61,53% dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan siklus II meningkat menjadi 82,64 dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian bermain sains dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah anak pada kelompok B3 di TK ABA Karangharjo.
kata kunci: memecahkan masalah, bermain sains, anak TK
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fardiana, R. (2014). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. diakses pada 2 Januari 2020 dari (http://repository.upi.edu/16410/)
Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 10 Nomor1. diakses pada 5 Februari 2020 dari (https://ejournal.uksw.edu/scholaria/artic le/view/2620)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Nomor 137
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan.Bandung. Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2007). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Paget. Yogyakarta: Kanisius
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD TPA-KB- TK/RA. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
Syaodih E.W,dkk (2018) Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-Kanak.Jurnal Pendidikan Volume 12 edisi 1 diakses pada 22 Januari 2020 dari (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/j pud/article/view/6574)
Refbacks
- There are currently no refbacks.