Studi Korelasi Penggunaan Gawai Dengan Kemampuan Menyimak Kelompok B

Lintang Sekar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gawai dengan kemampuan menyimak pada anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 78 anak Kelompok B di TK Gugus Selatan Kecamatan Wirobrajan. Penelitian ini menggunakan angket terbuka sebagai alat pengumpul data penggunaan gawai dan lembar observasi untuk mengukur kemampuan menyimak pada anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan Computer Program SPSS Seri 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara penggunaan gawai dengan kemampuan menyimak anak sebesar 0,375>0,05. Dari 78 anak, terdapat 3 anak (3,8%) berada pada kategori sangat tinggi, 24 anak (30,8%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 43 anak (55,1%) pada kategori cukup, dan 8 anak (10,3%) berada pada kategori penggunaan yang rendah. Sedangkan kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Gugus Selatan Kecamatan Wirobrajan mayoritas berada pada kategori cukup yakni sebanyak 16 anak (20,5%), pada kategori sangat tinggi, sebanyak 21 anak (26,9%), kategori cukup sebanyak 38 anak (48,7%), dan terdapat 3 anak (3,9%) yang memiliki tingkat kemampuan menyimak yang rendah.


Full Text:

PDF

References


Ardy, Novan (2014). Format PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Beverly Otto. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Elfiadi. (2018). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini ITQAN, Vol. 9, No. 2, July - Dec 2018. Diambil pada tanggal 22 Maret 2019 melalui https://pediatrics.aappublications.org.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.