MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media bahan alam di kelompok B1 TK ABA Godegan Tamantirto. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, yang dilaksakanan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen observasi cheklist. Teknik analisi data yang digunakan yaitu teknik deskrptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan mengenal huruf anak mengalami peningkatan. Kemampuan mengenal huruf anak pada kondisi awal sebanyak 1 anak (11,1 %) pada keriteria sangat baik. Peningkatan terjadi pada siklus II dimana jumlah anak yang mencapai kriteria sangat baik sejumlah 8 anak (88,9%) dari jumlah seluruh anak.
References
Arikunto, S., dkk. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Ellyawati. (2005). Pemilihan dan pengembangan sumber belajar untuk anak usia dini. Jakarta.
Kemendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 137 Tahun 2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini
Musfiroh, T.(2005). Bermain sambil belajar dan mengasah kecerdasan.Jakarta : Depdikas
Otto, B. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini Edisi ketiga. Penerjemah : Prenandamedia Group. Jakarta : Prenandamedia Group.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung. Rosda Karya
Padmonodewo, S. (2003). Buku ajar pendidikan prasekolah. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta. Hikayat Publising.
Sadiman, A.S., dkk(2009). Media pendidikan. Jakarta. Rajawali pers.
Winartha, I.M., (2006). Pedoman penulisan usulan penelitian skripsi dan tesis. Yogyakarta. Andi
Yonny, A. (2010). Menyusun penelitian kelas. Yogyakarta. Familia Pustaka Keluarga
Refbacks
- There are currently no refbacks.